Jumat, 14 Juli 2017

TNI AKAN DILIBATKAN DALAM MENGAMANKAN EKSPLORASI ENERGI, EKSPLOITASI

TNI AKAN DILIBATKAN DALAM MENGAMANKAN EKSPLORASI ENERGI, EKSPLOITASI


Komandan Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan pada hari Jumat menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai kerja sama antara kedua institusi tersebut mengenai tindakan pengamanan untuk kegiatan eksplorasi sumber daya alam di negara tersebut.

Jonan mengatakan bahwa TNI akan mengamankan semua kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Kami pertama kali menandatangani MoU yang kemudian akan terwujud dalam bentuk kesepakatan. Kemitraan ini untuk mengamankan objek vital, terutama dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi hulu migas, dan instalasi listrik dan bahan bakar, "kata menteri tersebut seperti dikutip media setempat saat jumpa pers usai penandatanganan MoU di markas besar TNI di Cilangkap. , Jakarta Timur.

Jonan mengatakan bahwa kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk memastikan semua kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di Indonesia tetap aman.

Gatot mengatakan TNI akan memberikan keamanan di darat dan laut.

Poin eksploitasi yang dikelola oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sering menghadapi gangguan dari pihak ketiga.

"Penelitian Kementerian telah mengungkapkan bahwa kegiatan pengeboran lepas pantai sering terganggu oleh kapal berbendera asing. Untuk mengamankan mereka, personil TNI AL akan dikerahkan untuk memberikan keamanan, "kata Gatot.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa TNI juga akan memantau pelaksanaan kebijakan harga satu bahan bakar pemerintah di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil.