Rabu, 04 Maret 2020

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Tags

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus positif terinfeksi virus corona di Indonesia.

Dengan konfirmasi kasus ini sudah positif, maka apa yang harus kita perlu ketahui soal Corona? Dan bagaimana cara pencegahannya?


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavina, menganjurkan agar masyarakat untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, Tidak lupa juga untuk berolahraga agar dapat meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari virus corona.

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) di https://cdc.gov/, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan jika anda merasa sakit dan curiga dengan gejala Covid-19:

1.Tinggal di rumah 
Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk memperoleh layanan kesehatan. Selain itu, disarankan untuk tidak pergi bekerja, ke sekolah, atau mengunjungi tempat-tempat publik. Hindari menggunakan transportasi publik, berbagi kendaraan, atau taksi.

2.Memisahkan diri dari orang lain atau hewan
Sebisa mungkin, tinggalah di tempat khusus yang terpisah dari orang lain di rumah. Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan kamar mandi yang berbeda. Kemudian, jangan memegang binatang peliharaan ataupun hewan lain saat sakit. 

3.Menutupi batuk dan bersin
Tutupi mulut dan hidung anda dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu yang telah digunakan dalam tempat sampah.  Setelah itu, segera mungkin cuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Selain itu, bisa juga membersihkan tangan dengan pembersih tangan yang mengandung 60 persen hingga 95 persen alkohol. Sabun dan air harus digunakan jika tangan terlihat kotor.

4.Menghindari penggunaan alat-alat pribadi bersama
Penggunaan alat-alat pribadi bersama yang harus dihindari misalnya adalah gelas, peralatan makan, dan handuk. Setelah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicucui dengan sabun dan air.

5.Sering mencuci tangan
Cuci tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, cucilah tangan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.