Senin, 17 Agustus 2020

Seoul Coba Luncurkan Halte Bus Pintar untuk Melawan Virus Covid-19

 Kota Seoul, di negara Korea Selatan saat ini berupaya untuk melindungi warga nya dari terik matahari, hujan, hingga virus corona COVID-19 dengan membangun halte bus pintar. 

Jelasnya halte bus pintar ini sudah dilengkapi dengan air conditioner, dan pensteril sinar ultraviolet untuk membersihkan ruangan. Halte bus pintar ini juga dilengkapi dengan kamera keamanan dan juga layar digital untuk memperingati jadwanyal bus. Tidak lupa pula, halte ini dilengkapi dengan hand sanitiser dan tersedia tempat mengisi daya laptop atau telepon genggam dan Wi-Fi gratis.

Halte bus pintar dilengkapi dengan panel surya di atapnya yang manfaatnya untuk menyediakan energi tambahan. Kabarnya panel surya itu dibanderol dengan sangat mahal harganya, yaitu $ 84.000 (S $ 115.000 atau Rp 1,2 miliar ) untuk setiap tempat penampungan.

Akan tersedia kamera thermal dibagian pintu yang untuk memantau suhu tubuh penumpang yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat Celcius yang boleh masuk untuk mencegah penularan Covid-19. Adapula juga kamera anti Covid-19 dipasang agak terpisah lebih rendah khusus untuk anak-anak.

Saat ini di Seoul sudah terpasang 10 halte pintar ini, hasi lkolaborasi teknologi pemerintah distrik setempat dengan LG Electronics. Kabarnya halte pintar ini akan diluncurkan di awal bulan depan nantinya meluas ke seluruh negara Korea Selatan.