Kamis, 09 Januari 2020

Bukan Hanya Situs IndoXXI, Kominfo juga akan Blokir Netflix

Setelah blokir situs web streaming film ilegal IndoXXI, ancangan pemerintah akan juga akan memblokir Netflix. Namun netizen masih mengeluh soal diblokirnya Netflix oleh Telkom dan anak usahanya seperti Telkomsel dan IndoHome.


Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerald Plate mengatakan Netflix tidak diblokir oleh oleh Telkom Group. Johnny  menghimbau agar Netflix di Indonesia menggunakan hasil kreativitas di dalam negeri. Ia bahkan meminta tayangan original Netflix untuk sementara tidak ditayangkan di Indonesia.

"Kalau bisa gunakan dulu hasil kreativitas anak Indonesia sendiri dulu. Tolong gunakan juga hasil dari kreativitas di dalam negeri untuk mencipakan kreativitas dalam negeri dan menggunakan nilai-nilai dalam negeri serta mendorong pasar [film] dalam negeri," jelas Johnny.

Namun ternyata alhasil Langkah PT Telkom Indonesia untuk menutup akses Netflix di Indonesia diapresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Karena dugaan persaingan tidak sehat Telkom terhadap Netflix berawal dari pemblokiran akses streaming oleh berbagai layanan internet anak usaha Telkom seperti Telkomsel, Indihome, dan Wifi.id.