Jumat, 10 Januari 2020

Perampokan Toko Emas di Mal Robinson, Thailand


Kejadian perampokan terjadi di Mal Robinson di Provinsi Lopburi, Thailand yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan 160 km sebelah utara dari Bangkok, Thailand pada Kamis 9 Januari 2020.

Rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian menunjukkan bahwa seorang pria bersenjata dan bertopeng terlihat berjalan memasuki pusat perbelanjaan di Thailand dan melepaskan tembakan.


Ia menembak mati seorang penjaga keamanan, seorang wanita yang bekerja di toko emas dan seorang bocah laki-laki yang sedang bergandengan dengan ibunya.  Tiga orang tewas termasuk seorang anak berusia 2 tahun.

Insiden ini juga melukai lima orang lainnya, termasuk satu turis yang terluka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit. Para korban bergeletakan di lantai dan darah berceceran di mana-mana.

Kejadian perampokan ini terbilang cukup singkat dalam waktu 1 menit saja untuk mengumpulkan perhiasan. Ia meraup perhiasan emas senilai 500.000 baht atau sekitar Rp224 juta, dan ia melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Pihak berwenang menawarkan 100.000 baht bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi untuk menangkap pelaku.

Dari dari kolonel polisi Kritsana Pattanacharoen, ia percaya perampok telah dilatih dalam penggunaan senjata sebelum ini. Mempelajari gerakan yang dia lakukan saat menembak, sepertinya tidak mungkin ia seseorang yang belum pernah menggunakan senjata. Peralatan yang dimilikinya khusus dan bukan sesuatu yang mudah didapat. Pencarian dilanjutkan pagi hari esoknya.