Sabtu, 29 Februari 2020

Ternyata Memberi Makan Kucing Juga Sedekah

Tags

Kucing merupakan salah satu hewan lucu dan termasuk dalam hewan yang istimewa di dalam Islam sebab merupakan hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW yang sangat disayangi.


Namun sayangnya, tidak semua orang peduli dengan kucing. Jangankan merawat, member makanan saja mereka tak mau. Mirisnya, ada sebagian orang yang kerap kali memperlakukan kucing dengan kasar.

Ketika apabila seekor kucing datang mendekati kita yang sedang makan. Apakah tindakan kita? Apa memberi kucing itu bagian dari makanan kita, ataukah kita menyepaknya menyuruh pergi?

Ternyata Allah punya maksud mengapa kucing itu dikirim ke kita :
1. Dalam rezeki kita ada hak mahluk lain

Kucing itu makannya hanya seberapa sih dari makanan kita? Makanan sisa kita pun dia tak keberatan untuk memakannya. Karena kucing tak punya malu, yang dia tahu hanyalah perutnya harus terisi makanan, dari manapun sumbernya. Tidakkah kita punya malu dan punya hati yang cukup besar untuk sekedar berbagi sedikit makanan bahkan sisa makanan dengan seekor kucing yang lapar? Apalagi kalau itu memang rezekinya yang dia makan.

2. Merupakan Sedekah

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memelihara, memberi makan dan juga minum pada hewan seperti kucing khususnya saat hewan tersebut sedang lapar dan haus sebab akan jadi berdosa jika harus membuat hewan tersebut menderita. Dengan memberi makan kucing tersebut, maka sudah dijadikan sedekah bagi orang tersebut.

3. Dosa Diampuni

Kita sangat disarankan untuk menolong hewan khususnya pada hewan yang menderita termasuk hewan najis seperti anjing. Ini membuat umat muslim tidak memiliki pengecualian untuk menolong binatang seperti kucing dan hewan najis seperti anjing karena tujuannya sangat mulia yakni tidak membiarkan hewan tersebut menderita. Dengan memelihara kucing contohnya, maka perbuatan dosa orang yang menolong hewan tersebut akan diampuni.

Maka mulai sekarang janganlah lupa untuk bersedekah ke semua makhluk hidup. Karena Kita perlu akan menyadari bersedekah itu bisa memudahkan segala urusan kita.