Minggu, 05 April 2020

Korea Selatan Laporkan Penurunan Kasus COVID-19

Tags

Pada Senin 6 April 2020, untuk pertama kalinya Korea Selatan melaporkan kurang dari 50 kasus Virus Corona COVID-19 hasil survei dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).


KCDC melaporkan 47 infeksi baru, menjadikan penghitungan nasional menjadi 10.284. Sedangkan korban meninggal naik tiga menjadi 186.

Padahal Negara Korea Selatan sebagian besar telah berhasil mengendalikan epidemi terbesar Asia di luar China. Tetapi wabah yang lebih kecil di gereja, rumah sakit dan panti jompo, serta infeksi di antara para pelancong, terus muncul menjalar ke luar.

Tujuan mereka saat ini adalah untuk dapat mengendalikan infeksi sedemikian rupa sehingga sistem kesehatan dan medis,termasuk personel dan orang sakit, dapat menangani mereka pada tingkat yang biasa.

Korea Selatan mengatakan akan memperpanjang kampanye jarak sosial intensif hingga dua minggu lagi, dalam upaya untuk mengurangi tingkat infeksi Virus Corona menjadi sekitar 50 per hari.

Jarak sosial sangat berperan dalam menahan transmisi kelompok domestik sekitar 70 persen selama 11 hari pertama dibandingkan dengan 11 hari terakhir sebelum diberlakukan, kata Menteri Kesehatan Park Neung-hoo.

Meskipun terbilang agak mereda penjalaran COVID-19, para pejabat kesehatan setempat memperingatkan agar tidak puas diri dengan mengatakan Korea Selatan masih menghadapi perang panjang melawan infeksi virus corona.

Sebanyak 257 korban virus corona diperbolehkan pulang dari rumah sakit tempat mereka menjalani perawatan isolasi. Untuk saat ini, Korea Selatan mencatat lebih banyak pemulihan ketimbang infeksi baru pada tanggal 13 Maret 2020 untuk pertama kalinya sejak mengkonfirmasi kasus pertama pada tanggal 30 Januari 2020 lalu.