Kamis, 02 April 2020

Video Pocong di Desa Purworejo Viral di Berita Korea Selatan

Akhir-akhir ini sebuah cuplikan video tentang hantu Indonesia viral di media sosial. Dalam video tersebut rupanya sebuah cuplikan media berita asal Korea Selatan yang sedang memberitakan pocong di Indonesia.


Dalam media berita online SBS itu, dituliskan judul 'Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga hantu pocong’.

Benar beritanya bahwa sebuah desa di Purworejo yang dijaga orang berkostum pocong. Yang tujuan maksudnya untuk menjaga desanya, terlebih agar warganya tak keluar rumah saat pandemi virus corona mewabah.

Namun pocong dalam video tersebut bukanlah pocong sungguhan, melainkan warga yang berpakaian seperti pocong.

Berita online SBS juga melampirkan penjelasan mengenai deskripsi pocong dan asal-usulnya.
“Prosedur pemakaman Islam di Indonesia itu adalah dengan membungkus tubuh dari atas sampai bawah dengan selembar kain. Lalu mengikatnya enam tempat dari kepala hingga kaki. Tubuh yang diikat itu disebut pocong," jelas kata SBS.

Jika tidak dilepas, maka jiwa orang yang meninggal itu tak ingin meninggalkan tubuhnya yang sudah dimakamkan dan menjadi gentayangan atau jadi setan,” keterangan selanjutnya.

Menurut dari masyarakat Korea Selatan yang telah mengikuti berita, banyak yang berpendapat bahwa cara ini termasuk cara yang unik untuk menjaga desa agar tidak keluar dari rumah.