Senin, 18 Mei 2020

Pemerintahan Wuhan Berikan Subsidi 20 Juta untuk Pembelian Kenderaan Listrik

Akhirnya kota Wuhan berlahan mulai bangkit setelah dihantam virus Corona Covid-19. Beragam program khusus disiapkan pemerintah untuk mengembalikan sektor ekonomi agar kembali seperti sedia kala.


Salah satu yang menarik perhatian ialah subsidi untuk meningkatkan penjualan mobil di tengah pandemi. Dari pihak berwenang Wuhan menawarkan potongan 10 ribu Yuan atau setara dengan Rp20,8 juta untuk pembelian kendaraan listrik.

Subsidi yang diberikan untuk masyarakat yang ingin melakukan pembelian mobil bermesin bensin. Khusus kendaraan konvensional, pemerintah setempat memberikan potongan hingga 5 ribu Yuan atau setara dengan Rp10.4 juta.

Menjadi pusat industri otomotiif Cina, pemerintah mencoba memberikan dukungan bagi pabrikan otomotif lokal, seperti Dongfeng Motor Corp.

Wuhan sendiri, menjadi markas sejumlah pabrikan mobil besar di dunia, seperti General Motors (GM), Nissan (NSANF), renault (RNLSY), Honda (HMC), dan Peugeot PSA Group.

Penjualan mobil di Wuhan diprediksi akan mengalami peningkatan setelah pandemi Corona Covid-19 terjadi. Hal ini berkaitan dengan pencegahan dan mengurangi aktivitas penggunaan kendaraan umum.

Sekedar informasi, semua pabrikan otomotif dunia yang melakukan produksi di Cina, harus bekerjasama dengan mitra lokal, seperti GM SAIC dan Dongfeng Motor Corporation. Pabrik GM-SAIC di Wuhan memiliki sekitar 6.000 karyawan, dan sekitar 10 persen dari total tenaga kerja GM di Cina.