Jumat, 14 Agustus 2020

Erick Thohir Nyatakan Uji Coba Vaksin Covid-19 Berhasil

 Pandemi virus corona masih menyelimuti dunia. Hingga team medis seluruh dunia sedang gencar-gencarnya melakukan uji klinis terhadap bakal vaksin Covid-19, sama halnya dengan Indonesia.


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa uji klinis vaksin yang dilakukan berhasil. Uji klinis tersebut dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero).

Hal ini dilakukan pada hari Selasa, 11 Agustus 2020, sejumlah relawan disuntik vaksin virus corona baru (Covid-19) di Kota Bandung.

Uji coba ini dihadirin pula oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk meninjau proses penyuntikan vaksin tersebut.


Erick Thohir yang merupakan Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan bahwa uji klinis vaksin ini membuat bangsa-bangsa lain cukup kaget dikarenakan Indonesia melakukan uji vaksin perdana tanggal 11 Agustus. Hal pernyataan ini pun diunggah di akun Youtube DIV Humas Polri pada Rabu, 12 Agustus 2020.


Keberhasilan uji klinis vaksin tersebut rencananya akan terjadi penyuntikan massal kepada seluruh rakyat Indonesia pada Januari atau Februari 2021 mendatang. Dan sebelum terjadinya penyuntikan massal, vaksin tersebut nantinya akan disuntikkan dulu ke 1.620 relawan yang telah mendaftarkan diri.