Kamis, 13 Agustus 2020

Negara Rusia Produksikan Vaksin Virus Corona Baru

Dunia medis tercengang dikarenakan ditemukan vaksin virus Corona COVID-19 pertama kali di dunia oleh negara Rusia. Adapula negara turut mendukung, dan ada juga tidak sedikit beberapa negara yang mengkritik.


Dalam pertemuan online Presiden Rusia Vladimir Putin dan jajaran pemerintahannya, ia menyebutkan bahwa vaksin Virus Corona baru telah didaftarkan. Produksi massal  vaksin Virus itu akan mulai di negaranya dalam waktu yang dekat dan juga akan dibagikan ke semua orang di negara tersebut secara sukarela.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengonfirmasi bahwaa vaksin yang akan diproduksi Rusia mulai akhir Agustus 2020 , dan itu merupakan yang pertama di dunia, sementara negara lain masih sibuk mengembangkan studi klinis untuk vaksin COVID-19.


Murashko menyatakan bahwa vaksin baru dengan nama Sputnik V tersebut telah melewati seluruh pemeriksaan yang diperlukan. Vaksin baru ini diklaim dapat membentuk kekebalan tubuh yang stabil. Klaim ini dibuktikan setelah divaksin ke salah satu putri Putin yang merasa sehat setelah disuntik.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menanggapi pengumuman Rusia dengan menggarisbawahi "prosedur ketat" yang diperlukan untuk perizinan vaksin. Namun pada minggu lalu, WHO mengaku belum melihat "ada yang resmi" dari penelitian vaksin Rusia.