Jumat, 21 Agustus 2020

Pemerintahan China Mulai Larang Konten Mukbang

 Mukbang adalah siaran yang berlangsung secara terekam oleh seseorang dengan mengadakan acara makan sejumlah besar makanan. Saat ini sudah banyak kreator Youtube mulai berlomba-lomba untuk mencari nafkah dengan membuat konten mukbang.


Salah satunya adalah influencer Korea yang dikenal sebagai 'Muk Sna' atau 'a.bite'. 'Muk Sna', salah satu dari sekian banyak pembuat konten yang mengikuti dua tren internet besar yang disebut Mukbang dan ASMR.


Muk Sna telah mengumpulkan penggemar dari seluruh dunia dengan konten menyaksikan cara dia menyajikan dan memakan sepiring makanan yang ditata. Dan lebih dari enam juta pengikutnya di TikTok sendiri mengaku hampir setiap hari menonton konten mukbangnya dengan mengunyah dan melahap makanan di piring-piring besar.


Bagi beberapa kalangan masyarakat, gagasan untuk melihat dan mendengar seseorang memakan tumpukan makanan di depan kamera tidaklah menarik. Namun tren tersebut ternyata dimulai sekitar 10 tahun yang lalu dan menjadi salah satu konten yang sangat populer di Asia.


Saat ini, pemerintah China sedang menindak video yang berhubungan dengan Mukbang. Hal ini karena pemerintah berpendapat bahwa China harus mempertahankan rasa krisis tentang keamanan pangan. Dan ada kemungkinan pemerintahan China akan memberikan larangan untuk Mukbang.


Pengguna di aplikasi populer Kuaishou akan diberi peringatan untuk "menghemat makanan," sedangkan di Douyin, sebutan aplikasi TikTok di China, akan memunculkan peringatan yang mengatakan: "Hargai makanan, jangan buang, makan dengan benar dan hidup sehat."