Senin, 10 Agustus 2020

VIRAL AWAN RAKSASA BERBENTUK TSUNAMI SELIMUTI KOTA BANDA ACEH


Video bentangan awan yang bikin bulu kuduk berdiri ini tersebar di berbagai platform sosial media. Status WhatsApp warga Meulaboh hampir semua rata - rata memposting penampakan bentuk awan tersebut. Bentuk Awan tebal ini terlihat sangat jelas sejak pukul 08.15 WIB, dan berangsur hilang pada pukul 09.00 WIB. Warga yang menyaksikan fenomena alam ini terlihat panik. Bentuk awak yang tak biasa ini seperti gelombang tsunami yang siap menggulung apapun yang ada di bawahnya.

Tanpa basa - basi Masyarakat memilih untuk masuk ke dalam rumah dan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jalanan di Kota Meulaboh pagi tadi terlihat lengang, hanya beberapa kenderaan yang terlihat lalu lalang di jalan raya.

Menengai fenomena langka yang diabadikan oleh warga setempat melalui video singkat ini. Penjelasan BMKG Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan. Dimana fenomena awan bergulung ini disebut sebagai awan roll atau roll cloud. Berikut video penampakan awan tebal di kota Meulaboh, banda Aceh dibawah ini :



Fenomena awan bergulung merupakan suatu fenomena alamiah yang biasa terjadi. Sedangkan awan Arcus merupakan awan rendah, panjang, dan tipis yang terkait dengan awan hujan disertai kilat atau petir, dan angin kencang. Sedikit penjelasan mengenai  Awan arcus adalah sebuah formasi awan horizontal rendah yang biasanya muncul sebagai awan aksesoris dari sebuah cumulonimbus. 

Awan gulung dan awan landas adalah dua jenis awan arcus. Penampakan awan Arcus yang tertahan seperti dilangit Meulaboh pagi ini termasuk fenomena langka. Mari saudara setanah air mendoakan agar tidak terus terjadi bencana dan musibah dasyat di tanah air ini. Semoga artikel berita ini dapat memberikan informasi terupdate seputar indonesia, Terimakasih.