Minggu, 06 September 2020

India, Negara dengan Kasus COVID-19 Terbanyak Nomor 3 di Dunia

 Total kasus COVID-19 di India melonjak melampaui 4 juta dengan rekor kenaikan pada hari Sabtu, menjadikan India sebagai  negara ketiga di dunia yang melampaui angka itu, setelah negara Amerika Serikat dan Brazil. India menjadi peringkat ke-3 di dunia dimana kasus nya bertambah menjadi 86.432 kasus di hari Sabtu lalu.


Infeksi meningkat di seluruh negeri, termasuk di ibu kota New Delhi dan negara bagian besar Maharashtra dan Karnataka. Lonjakan menjadi lebih dari 4 juta kasus terjadi hanya 13 hari setelah India mencapai 3 juta kasus, meningkat tajam dari lebih dari 100 hari yang dibutuhkan untuk meningkat 1 juta kasus sebelumnya. Ini merupakan catatan jumlah kasus virus korona harian terbesar di dunia selama hampir sebulan.


Hampir 77 persen dari kasus yang dikonfirmasi positif Covid-19 ini memang positif dinyatakan berhasil. Namun di India sendiri tidak semua pasien memerlukan tes kesembuhan Covid agar dianggap sembuh. Jika pasien dengan gejalanya yang ringan dan dianggap tidak lagi aktif setelah 10 hari timbulnya gejala virus. Namun, kasus yang parah hanya dapat dipulangkan setelah satu kali tes negatif.

Kota New Delhi adalah kota yang menerima dampak terparah di India, dengan jumlah kasus virus corona terbanyak serta jumlah kasus terbanyak per kapita.