Minggu, 12 Januari 2020

Filipina Naikkan Peringatan Level Waspada Erupsi Gunung Taal

Departemen Ilmu pengetahuan dan Teknologi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philippine Institute of Volcanology and Seismology Departement of Science and Technology/PHIVOLCS-DOST) memberikan peringatan naiknya level waspada erupsi pada Gunung Berapi Taal di di provinsi Batangas, selatan Manila, Filipina.


Level peringatan meningkat dari level 3 (pergerakan magma) menjadi level 4 (erupsi berbahaya segera terjadi) pada pukul 19.02 PST, Minggu kemarin (12/1).

Kenaikan status terjadi akibat aktivitas vulkanik yang mengeluarkan fragment partikel yang sarat uap setinggi 10-15 kilometer disertai petir dan hujan abu basah di bagian wilayah utara gunung Taal.

Aktivitas getaran vulkanik terus terpantau sejak 11.00 siang PST dan tercatat terjadi dua kali gempa vulkanik berkekuatan M2.5 dan M3.9 di Filipina kemarin.

Maka karena itu,  waspada perlu ditingkatan di daerah pemukiman warga bagian utara gunung, karena diperkirakan akan terdampak hujan abu basah yang berkepanjangan.

Saat ini Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila, Filipina menunda seluruh penerbangan dari dan menuju bandara pada Minggu (12/1). Penundaan ini dilakukan karena menyusul kenaikan status Gunung Berapi Taal di Pulau Luzon, Filipina dari siaga 2 ke siaga 3.
Hingga sampai saat ini, pihak PHIVOLCS-DOST akan terus memantau kegiatan magma erupsi dan akan selalu mengabarkan perkembangannya kepada warga Filipina.