Selasa, 14 Januari 2020

Konflik Iran dan Amerika Serikat Picu Terjadi Perang Dunia Ketiga

Tags


Sejumlah pengamat telah menyampaikan kekhawatiran jika konflik yang terjadi antara Amerika Serikat dan Iran akan menjadi awal terjadinya Perang Dunia Ketiga.

Beberapa waktu yang lalu, Jenderal besar Iran, Qasem Soleimani terbunuh pada Jumat tanggal 3 Januari 2020 dalam serangan rudal AS di Bandara Internasional Baghdad,Irak.

Pembunuhan ini diperintahkan oleh Presiden AS Donald Trump. Yang ditanyakan oleh Trump langsung, insiden ini sebagai upaya menghentikan perang, bukan untuk memulainya.

Konflik tersebut sangat menjadi pemicu negara Iran untuk melakukan aksi balas dendam nya terhadap Amerika Serikat. Karena terbunuhnya Jenderalnya, maka Iran kemudian membalas dengan meluncurkan belasan peluru kendali ke dua pangkalan militer Irak, yang juga menampung tentara AS.

Namun beberapa jam setelah serangan rudal dari‏ Irak tersebut, sebuah pesawat penumpang Ukraina International Airlines yang terbang dari Bandara Imam Khomeini di Tehran jatuh dan menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya.

Saat ini diketahui dari informasi intelijen sejumlah negara, bahwa pesawat Boeing 7370-800 itu telah ditembak jatuh oleh rudal Iran, walaupun mungkin motifnya menurut beberapa pejabat negara Barat mungkin "tidak sengaja dilakukan".

Wah bagaimana kelanjutannya ya? Kalau memang akan terjadi Perang, lantas siapa saja yang akan jadi sekutu Iran dan siapa yang akan membantu Amerika Serikat?