Sabtu, 04 Januari 2020

Pendiri Hot Pot Hai di Lao Jadi Orang Terkaya Baru di Singapura


Singapura mempunyai orang terkaya baru yang mampu mengalahkan kedigdayaan Robert & Philip Ng. Pendiri Haidilao International Holding Ltd, Zhang Yong mendapat gelar sebagai orang terkaya nomor satu di Singapura.

Zhang Yong memiliki kekayaan USD13,8 miliar atau setara Rp195,9 triliun (kurs Rp14.200 per USD).

Zhang Yong merupakan pendiri Haidilao International Holding Ltd yang bergerak di bidang restoran hot pot. Hot pot atau steamboat merupakan salah satu makanan yang enak disantap bersama-sama di 1 meja.

Haidilao terkenal dengan restoran yang menyajikan hidangan pedas dan layanan pelanggan yang penuh perhatian, termasuk menawarkan manikur gratis untuk pelanggan yang menunggu.

Pada Forbes 2018, dirinya masuk sebagai orang terkaya nomor 19 di China.Namun saat ini, dirinya meraih gelar sebagai orang terkaya di Singapura dengan kekayaan mencapai USD13,8 miliar.

Kini perusahannya semakin mendunia dengan mencatatkan pendapatan US$17 miliar dari 466 restoran yang tersebar di China, AS, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Padahal Zhang Yong tidak menyelesaikan pendidikannya di SMA, namun berhasil membangun kerajaan restoran hot pot. Bahkan, sebelumnya dia tidak mengetahui bagaimana cara memulai bisnis makanan hot pot khas Sichuan.