Minggu, 22 Maret 2020

Jumlah Positif Covid-19 di Indonesia Capai 514 Orang

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 pada Minggu (22/3/2020) bertambah 64 orang. Sehingga untuk total keseluruhannya 514 orang.


Seelumnya diberitakan, jumlah kasus positif corona Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 81 orang pada Sabtu, 21 Maret 2020. Dengan begitu, total kasus positif corona Covid-19 di Indonesia menjadi 450 orang.

Yuri menambahakan untuk kasus yang sudah dua kali dinyatakan negatif, klinisnya membaik, dan dinyatakan sembuh ada penambahan sebanyak 4 orang. Dengan begitu, total ada 20 orang dinyatakan sembuh dari Covid-19.
"Penambahan kematian 6 orang, total 38 orang," ujarnya.

Hingga saat ini, DKI Jakarta masih tercatat sebagai provinsi dengan jumlah pasien meninggal terbanyak akibat Covid-19. Total untuk di DKI Jakarta bertambah 40 orang, sehingga total pasien positif Covid-19 di Ibu Kota sebanyak 307 orang.

Menghadapi kondisi yang semakin genting, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji mengerahkan seluruh kekuatan guna mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia. Cara yang telah ditempuh agar penyebaran COVID-19 tak semakin luas, seperti imbauan social distancing hingga beraktivitas dari rumah.

Terbaru, Jokowi juga menginstruksikan agar segera dilakukan rapid test secara massal dan memperbanyak sediaan alat tes. Jokowi menyebut, mulai Jumat (20/3) tes massal melalui sampel darah itu dilakukan.

Rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinfeksi COVID-19 ataukah tidak. Pemerintah memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan terinfeksi COVID-19.