Kamis, 12 Maret 2020

Manila Filipina Resmi Lockdown Selama 1 Bulan Akibat Corona

Selain negara Italia, kini Presiden Filipina Rodrigo Duterte resmi menetapkan kawasan metro Manila sebagai wilayah karantina virus corona Covid-19. Dengan demikian, Manila kekinian tertutup bagi siapa pun yang hendak keluar maupun masuk kawasan.


Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, Duterte juga menyetujui pernyataan satu bulan penutupan sekolah, larangan pertemuan massal, dan larangan masuknya orang asing dari tempat-tempat penyebaran penyakit menular.

Penangguhan seluruh kegiatan sekolah semua tingkatan di Manila yang sudah dimulai sejak 10 Maret akan diperpanjang hingga 12 April 2020. Namun, Duterte menegaskan sistem transportasi massal akan tetap beroperasi sepanjang periode karantina.

Dan untuk lockdown kawasan Filipina diberlakukan selama satu bulan, yakni terhitung tanggal 15 Maret hingga 14 April 2020. Blokade terhadap kota Manila tersebut diberlakukan seiring kebijakan pemerintah yang menaikkan status waspada Covid-19 menjadi Code Red.

Dikarenakan otoritas kesehatan Filipina menemukan penyebaran virus  corona tak lagi dikarenakan warga asing tapi transmisi lokal.

Berdasarkan data Worldometer Jumat (13/3/2020), saat ini sudah ada 52 kasus corona di Filipina dengan total korban tewas tiga orang. Sementara pasien sembuh baru satu kasus.