Rabu, 11 Maret 2020

Pabrik Samsung di Korsel Tutup Sementara dan Produksinya Dipindahkan ke Vietnam

Perusahaan Samsung Electronics bakal memindahkan sebagian produksi smartphone mereka dari Korea Selatan ke Vietnam.


Pemindahan produksi smartphone ini bersifat sementara, setelah sejumlah karyawan di pabrik Korea Selatan positif terinfeksi virus corona. Sehingga pabrik terdampak pun ditutup untuk sementara.

Samsung Display meminta Vietnam agar mengecualikan 700 engineer perusahaan dari Korea Selatan (Korsel) dalam kewajiban karantina. Samsung beralasan mereka harus bersiap untuk produksi layar smartphone baru.

Diketahui dari seorang sumber menggungkapkan unit usaha Samsung Electronics tersebut tengah berdiskusi dengan pemerintah Vietnam agar ratusan engineer tersebut tidak perlu mengikuti karantina. Izin ini diharapkan bisa diberikan selama mereka menyampaikan laporan pemeriksaan medis.

Negara Vietnam telah mewajibkan karantina 14 hari bagi orang-orang yang datang dari Korsel untuk menghentikan penyebaran Virus Corona. Korea Selatan dilaporkan sebagai salah satu negara dengan jumlah terinfeksi tertinggi di luar Tiongkok.

Samsung Display mengoperasikan pabrik di Vietnam untuk merakit layar OLED, yang digunakan pada smartphone miliknya, Apple, dan Huawei.

Perpindahan produksi smartphone premium Samsung ke Vietnam ini dimaksudkan untuk memasok produk ke konsumen dengan cara efektif, stabil, dan tepat waktu. Dan setelah situasi Covid-19 stabil, Samsung Display berencana untuk memindahkan kembali produksi smartphone premium ke pabrik Gumi.