Rabu, 12 Agustus 2020

NEGARA RUSSIA CIPTAKAN VAKSIN COVID-19 PERTAMA DI DUNIA DIBERI NAMA "SPUTNIK V"

 



Negara Russia Ciptakan Vaksin Covid-19 Pertama di dunia diberi nama "SPUTNIK V". Sputnik V ini sendiri merupakan nama vaksin virus korona (covid-19) yang telah disetujui Presiden Vladimir Putin. Nama tersebut nantinya akan digunakan untuk pasar luar negeri. Nama vaksin itu diambil dari satelit pertama Russia yang meluncur ke luar angkasa. Putin juga mengklaim Russia merupakan negara pertama melaporkan pendaftaran vaksin covid-19. "Setahu saya, pagi ini untuk pertama kalinya di dunia tercatat vaksin penangkal infeksi virus korona," kata Putin.

Bukan hanya itu saja Putin juga mengatakan salah satu putrinya telah menjadi sukarelawan uji vaksin covid-19. Dia menuturkan, putrinya merasa sehat saat ini. Pemimpin Russia itu mencatat bahwa vaksin covid-19 Russia pertama tersebut membentuk sel yang stabil dan memberikan kekebalan antibodi. Dirinya juga menegaskan bahwa beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali setelah mendapat suntikan vaksin tersebut.

Untuk Menteri Kesehatan menyatakan bahwa uji klinis dari vaksin yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Nasional. Untuk Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya dari Kemenkes Russia telha berakhir dan bisa digunakan untuk publik.

Menangapi Negara Russia yang pertama kali mengeluarkan Vaksin ini. Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan, mereka butuh meneliti data keselamatan vaksin Covid-19 yang diklaim diciptakan oleh Russia. Juru bicara WHO Tarik Jasarevic kepada awak media di Jenewa menerangkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Russia. 

Dimana mengenai Vaksin Covid-19 yang diberi nama Sputnik V itu diciptakan oleh Institut Gamaleya berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan Russia. Berdasarkan catatan yang dikumpulkan WHO per 31 Juli 2020, saat ini terdapat 165 kandidat vaksin virus corona yang dikembangkan di seluruh dunia.

Sebanyak 139 di antaranya masih dalam evaluasi pra-klinis, sementara 26 lainnya berada di fase penyuntikkan ke relawan manusia. Ada juga enam kandidat vaksin yang bahkan telah mencapai Fase 3, di mana saat ini tahapnya merupakan evaluasi klinis atas keampuhannya untuk menyembuhkan. Semoga artikel seputar peristiwa dunia internasional dapat memberikan informasi tambahan mengenai Vaksin covid-19 kepada anda, Terimakasih.