Jumat, 28 Agustus 2020

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Resmi Mengundurkan Diri

 Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang secara resmi mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya karena alasan kesehatan dan tidak mau penyakitnya mengganggu pekerjaan. Ia mengatakan tidak ingin penyakitnya mengganggu dalam mengambil keputusan dan ia meminta maaf kepada rakyat Jepang karena tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya.


Abe yang berusia 65 tahun mengalami radang pada sistem pencernaan selama bertahun-tahun, namun kondisinya diperkirakan memburuk baru-baru ini. Abe juga sempat meminta maaf kepada rakyat Jepang, serta berterima kasih atas dukungan selama hampir delapan tahun terakhir. Dan ia akan menyatakan bakal tetap aktif di dunia politik untuk mendukung perdana menteri baru. 

Hal ini pun menuai banyaknya respon, salah satunya dari Presiden RI, Joko Widodo. Joko Widodo menceritakan secara singkat tentang hubungannya dengan PM Shinzo Abe. 

PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang ia temui ketika ia menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014. Dan Presiden Jokowi turut mendoakan kesehatan PM Abe, yang menjadi alasan utamanya mengundurkan diri.