Sabtu, 29 Agustus 2020

Wisatawan Asing Masih Dilarang Masuk Malaysia Hingga Akhir Desember 2020

 Perdana Menteri Malaysia,  Muhyiddin Yassin, menyatakan bahwa fase pemulihan perintah kontrol pergerakan COVID-19 Malaysia (RMCO) akan diperpanjang hingga 31 Desember dan wisatawan asing akan tetap dilarang memasuki negara Malaysia.

Pidato yang disiarkan di televisi pada Jumat 28 Agustus, Perdana Menteri mengatakan meskipun jumlah kasus baru di negara itu telah menurun, virus itu masih berkecamuk secara global.



Ia sempat menekankan bahwa tidak ada individu yang akan dibebaskan dari undang-undang ini dan siapa pun yang melanggar peraturan akan dihukum. Dan menyatakan untuk menaikkan denda bagi mereka yang melanggar undang-undang ini, menjadi dua atau tiga kali lipat dari jumlah saat ini. 


PM Muhyiddin turut menambahkan bahwa turis asing masih dilarang masuk ke Malaysia selama periode ini untuk mencegah penyebaran kasus impor ke negara itu.

Memang hampir semua sektor telah diizinkan untuk melanjutkan operasi mereka, kecuali klub malam dan tempat hiburan. Dan juga semua kegiatan olahraga juga telah diperbolehkan tanpa kehadiran penonton atau peserta luar negeri.


Hingga Jumat,28 Agustus 2020, Malaysia melaporkan total 9.306 kasus COVID-19 dan 125 kematian. Sekitar 97 persen pasien telah pulih dan ada sebanyak 10 kasus baru terdeteksi pada hari Jumat.