Jumat, 25 September 2020

Pesawat Militer Jatuh di Perbatasan Ukraina-Rusia

 Pada tanggal 25 September tepatnya di malam hari, pesawat transportasi militer Antonov An-26 dilaporkan jatuh di Ukraina. Dan dilaporkan dalam pesawat tersebut ada 28 orang. Namun hanya 2 orang yang dilaporkan selamat, dan tubuh 22 orang ditemukan, dan pencarian 4 orang lainnya masih berlanjut.



Berdasarkan laporan Flight Global, pesawat tersebut jatuh di Kharkiv Oblast, sebuah daerah yang berbatasan dengan Rusia dan juga Donbass yang notabene area yang dikuasai separatis.

Otoritas Ukraina berkata kejadian pesawat itu terbakar pada pukul 21:55 malam dan penyebab pesawat tersebut jatuh masih dalam proses investigasi. Karena kecelakaan terjadi ketika pesawat ingin mendarat.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengirimkan bela sungkawa atas kejadian ini. Pemerintah Ukraina telah membentuk komisi gabungan untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan pesawat ini. Team yang turut ikut investigasi melibatkan Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, pejabat pemerintah lokal, dan deputi perdana menteri.

Pasukan militer Ukraina juga sempat mengamankan area terjadinya kecelakaan pesawat. Berita bahwa wilayah Ukraina Timur tempat terjadinya insiden ini merupakan basis dari pasukan separatis yang didukung Rusia. Pada 2014, pesawat Malaysia Airlines ditembak sekitar 250 kilometer dari lokasi jatuhnya pesawat An-26.